5/28/2009

BAB II - Let’s Go....!!!

Siangpun tiba. Sudah saatnya Ollie pergi ke Bandung, ke rumah neneknya tepatnya.
“Saya...ng cepetan donk turun dari kamar! Lama banget, kita udah mau pergi nih.”, teriak mamahnya Ollie yang melongok ke lantai atas lewat tangga menunggu jawaban.
“Aduh tunggu donk, bawa barang sekamar gak bisa cukup satu menit.”, Ollie tergopoh-gopoh membawa bejibun barang di punggungnya sambil melewati tangga sempit rumahnya.

Setelah tinggal kurang lebih 4 anak tangga lagi untuk sampai ke lantai dasar, tiba-tiba tas koper terbesar dan terberat tentunya, nyangkut di sela-sela dinding dan tralis tangga. Aduh mati gue gak bisa gerak, begitulah suara dumelan hati Ollie yang tak tentu. Tanpa basa-basi lagi, Ollie langsung berteriak gak jelas mengharapkan sebuah pertolongan. “Wa...........hel.....p!!!.” teriaknya sok bule.

Teriakan mengguncang dunia tadi langsung menjadi perhatian sang ayah yang merasa sangat terganggu.

Gimana enggak, itu semua udah ngebuat kosentrasi ayahnya buyar saat sedang memecahkan teka-teki aneh yang di berikan oleh mamah. Itu adalah balasan untuk seorang ayah yang katanya tau segala hal.

“Aduh Ollie, Ayah kira kamu glinding, kalo cuma nyangkut doang, gak usah teriak dong!”

“Tapikan Ollie gak tau apa yang bakalan terjadi setelah nyangkut, Ollie gak bisa gerak, bisa aja nanti Ollie beneran glinding, atau malah terbang. Bahkan mati pun juga berkesempatan.”

Ayah Ollie tanpa bales ngomel lagi, langsung menarik tangan Ollie. Saking kencangnya tarikan ayah, sampe-sampe Ollie beneran terbang (hanya sesaat sebelum akhirnya jatuh kembali) langsung ke lantai bawah melewati empat anak tangga lainnya.

“Adu....H. Kalo gitu caranya mendingan Ollie nyangkut deh.”

“Lagian, bawa barang satu-satu aja kalee.. gak usah sekaligus satu kamar kamu bawa! Jadinya ginikan, kosentrasi ayah buat ngejawab pertanyaan mamah kamu tuh jadi ancur.”, omel ayah.

“Ayah gak bisa engertian banget sih. Aku itu cewek, inget cewek, biar gaya aku kayak anak cowok biasanya, tapi tenaga aku itu tenaga anak cewek normal. Mana bisa bolak-balik bawa barang berat naik turun tangga. Gak ada yang mau bantuin lagi.”

“Tapi kalo kayak gini terus, gimana mau mandiri?”

Ollie hanya diam terpaku menatap ayahnya yang lagi mengangkat-ngangkat tas koper terbesar dengan tatapan muka bertanya-tanya ini tas keselip bom atom kali ye...

“Kayaknya Ollie bener-bener belum siap deh tinggal sendirian di Bandung.”, Ollie menunduk menatap barang-barangnya yang akan ia bawa selalu di Bandung. Kemudian mengeluh dengan nada yang sangat mengharukan. Huhuhu...

Mendengar perkataan Ollie tadi, ayahnya jadi merasa bersalah. Dia menepuk punggung Ollie yang kemudian langsung pergi meninggalkannya. Dasarrrr.

“Jangan menyesal gitu ah. Udah bagus kamu bisa keterima di UPB (Universitas Pendidikan Bandung). Kamu kan termasuk orang yang beruntung. Padahal kamu di SMA kan gak pernah dapet rangking.”

“Ya... dan masih untung juga Ollie masih bisa kuliah. Gak usah ngeledek deh!”

“Lagi pula di Bandung kamu gak tinggal sendiri kok, kamu tinggal sama nenek kan? Disana juga ada Uwak Didi, Uwak Ning, sama Teh Tia . Soalnya mamah tau, kalo kamu ngekos, gimana mau nyuci baju sendiri, nyuci piring aja gak pernah bener.”, bujukan mamah Ollie mulai menyinggung hatinya pada kalimat-kalimat tertentu.

“Bagu....s!”

“Udah yuk kita keluar!”

Keluarga Ollie keluar dari rumah dengan segala persiapannya. Dengan keadaan yang masih tergopoh-gopoh membawa barang, Ollie dan ayahnya berjalan meuju mobil mereka untuk segera memasukkan barang ke dalamnya. Sedangkan mamah malah asik-asik ngobrol dengan mpok, pembatu rumah tangga mereka yang sudah kira-kira 14 tahun bekerja. Tua. Kempot. Item. Bau pete. Memang ciri khas pembantu lansia yang sudah ditakdirkan menjadi penerus Betawie.

“Mpok, nanti kalo Regha pulang, makanya suruh pesen aja, tapi jangan banyak-banyak, bayarnya pake uang dia aja dulu, nanti digantiin. Mpok juga jangan lupa minta, kalo mpok gak makan, gimana mau semangat jagain? Jangan ditinggal sendiri ya mpok takut ada knapa-knapa. Trus bilangin jangan berperilaku kayak anak kecil lagi, inget udah masuk kelas 2 SMP.”, perintah mamah panjang lebar agar tidak terjadi apa-apa dengan Rega, adik kandung Ollie.

“Maka itu, karna dia udah 2 SMP, mamah jangan terlalu manjain dia, orang Cuma ditinggal........mmm..........yah pokoknya gak nyampe seharilah.”, Ollie yang masih sibuk dengan barang-barang bawaannya, sedikit menyindir mamah.

“Diem kamu!”

“Iya deh bu, saya bakalan jagain ade 24 jam, non stop.”, janji mpok yang rasanya mustahil untuk terjadi karna mpok nggak akan bisa ninggalin tidur siang 2 jamnya ini. Mpok biasa memanggil ade untuk panggilan ke Regha, dan mbak untuk panggilan ke Ollie. “Tapi bu, saya bolehkan tidur siang, kali ini nggak nyampe 2 jam deh!”

“Ng.....gimana ya...?”, pikir mamah.

“Iya mpok, boleh lah, 3 jam juga nggak apa-apa.”, ayah menepuk bahu mamah. “Mamah nih kenapa sih?”

Ollie yang melihat ayahnya malah ikutan berbincang-bincang dan meninggalkan pekerjaannya membantu Ollie, malah komat kamit sendiri menahan sedikit rasa kesal di hatinya.

Ayah yang ngeliat Ollie sedang marah, lansung mendekati sambil membawa kembali barang yang tadi ditinggalnya, dan sedikit menahan tawa melihat mulut Ollie yang ngebuka tutup tanpa suara.

“Dah, ini barang terakhir kan?”, tanya ayah. “Udah masuk semua kan?”

“Masuk semua pret. Liat donk, barang-barang di belakang Ollie! Barang-barang yang udah kita masukin itu, baru 69.99%”

“Truz...truz.......truz nih barang mau di taro dimana?”

“Kamu tuh ngapain pake bawa 2 bantal + guling + bed cover segala? Ini nih, boneka segini banyak Cuma bisa menuhin-menuhin doank. Disana barang-barangnya lebih bagus n’ ber-modis. Blom liat sih, keluarga mereka itu modern banget. Bener bener bagus deh, rumah kita gak ada apa-apanya.”

Kalimat mamah tadi membawa bayangan Ollie ke suatu tempat yang bener-bener gedung dan otlet adanya. Beberapa orang berpakaian ala remaja jaman sekarang sedang mententeng banyak kantong belanjaan bertuliskan berbagai macam merk-merk toko ternama yang harganya jauh di atas standar orang biasa. Tempat itu adalah surga orang sukses atau yang kelebihan harta.

Ollie masih terbengong menganga. Contoh orang yang gak doyan shoping seperti Ollie, dijamin tidak akan betah tinggal di tempat seperti itu.

“Ollie...Ollie sayang. Jangan cengok gitu dong. Mulutnya nganga lagi. Nanti keluar ilernya. Ollie...woi hallow!”, mamah berusaha menyadarkan Ollie. “MAOLLIE..........!!!!!!!”

“Eh iya mah. Aku gak suka hidup dibayangi oleh orang-orang bermodis seperti mereka. Pasti mereka sombong.”

“Kamu kayak gak tau Bandung aja.”

“Aku tau, Bandung itu kan bener-bener pusat perbelanjaan. Karna itu..”

“Takut gak betah? Kok bisa? Gak selamanya Bandung seperti itu kok. Tergantung orangnya juga dong, gampang tau, menyesuaikan diri.”

“Kamu tuh, sok-sok an gak suka shoping.”, ayah menyela. “Udah-udah, cepetan masuk mobil! Kalian pikir ayah cuti kerja cuma buat puasin ngobrol gak penting kayak gini? Peralatan tidur ini gak usah dibawa, apa lagi boneka-bonekanya, cuma bisa menuhin doang. Mobil kita tuh bukan Patas AC.”

“Oke deh yah, tapi nggak untuk Blondy, Ollie nggak akan tenang kalo kalau gak ada yang nemenin Ollie tidur.”, Ollie membela boneka beruang kecil berbulu pirangnya yang sudah dia pelihara sejak masih SD. “Oh iya, ayah kalo ngambek tambah jelek lho!”

“Bodok. Are you ready Ollie?”

“Oh,”

“Hm...merantau ke Bandung, demi menggapai yang kau impikan.”

“Why not? Let’s go to Bandung!!!”, melemparkan kepalan tangan ke atas. Tak lupa Ollie mengecek HP nya. Tak ada satupun SMS apalagi miss call.

Apa dia bener-bener lupa?

***

Setelah 2 ½ jam lebih dalam perjalanan, akhirnya keluarga mereka sampai juga di Bandung. Kini nenek Ollie tinggal bersama keluarga kakak pertama mamahnya. Saat masuk, mereka segera disambut dengan jalanan yang memisahkan dua tempat, di sebelah kiri rumah nenek, dan di sebelah kanan 2 rumah yang menyewakan sejumlah kamar.

Karna halaman rumah yang terbilang sangat besar, nenek dan dibantu oleh yang lain sengaja membuka usaha dengan menawarkan jasa kamar kos. Karna letak yang cukup strategis alias dekat kemana-mana, dan suasananya yang nyaman, nggak salah kalau tempat kos ini ramai dengan anak-anak kuliahan dan sekolahan dari berbagai kota.

“Mah, dari dulu tempat kos punya nenek rame banget yah.”

“Iya dong, kan murah meriah.”

“Tapi tau dari mana kalo tempat ini yang murah meriah?”

“Dari mulut ke mulut.”

“Emangnya semua yang ngekos disini sodaraan?”

Suasana hening terjadi di dalam mobil. Ayah dan mamah saling bertatapan. Ollie yang masih dengan tampang penuh pertanyaan, mulai menyadari ke-lemotannya itu. “Hahaha..” tawa’an yang tak di sengaja keluar dari mulut Ollie.

“Ayah jadi bener-bener khawatir mau ninggalin kamu sendirian.”

Mobil mereka sudah diparkirkan di sebelah mobil milik kakaknya mamah yang juga tinggal disini. Semua turun dan bersiap masuk ke dalam rumah yang cukup besar bernuansa jaman Belanda dulu.

Rumah nenek memang sengaja di tempatkan agak jauh dari tempat kos, tempat menyimpan kendaraan mereka juga dibuat berbeda. Agar suasana hiruk-pikuk anak sekolah dan kuliahan tidak terlalu terasa, sehingga tidak mengganggu kenyamanan.

Tok-Tok

Suara ketukan tangan ayah di pintu diseratai dengan salam, “Assalamu-alaikum”. Ollie celingukkan memandang ke tempat kos. Udah kurang lebih 2 tahun Ollie sekeluarga nggak pernah mampir kesini, lebaran kemarin Ollie pulang kampung ke kampung ayahnya di Bangka.
Celingukkan Ollie yang entah sedang mencari apa, dihentikan sesaat setelah ada hentakkan lembut benda tumpul di bahunya. Segeralah dia membalikkan badan, ternyata tangan mamahnya yang sukses membuatnya kaget.

Saat membalikkan badan, sudah terlihat disana wanita yang kerap ia panggil Uwak. Istri dari kakak mamahnya Ollie ini memiliki nama Nining, tapi Ollie memanggilnya dengan sebutan Uwak atau Uwak Ning. Ollie segera mendekati Uwak Ning dan mencium tangannya sebagai tanda penghormatan.

“Ayuk atuh masuk, nenek aya ti dalem . Lagi ngurus barudak kos.” Mestinya logat bahasa Sundanya lebih dalem lagi, tapi karna penulis belum terlalu mahir, jadi sebisanya saja lah.

Semuanya masuk ke dalam melewati ruang tamu, kemudian disambut dengan ruang bebas atau ruang keluarga yang cukup luas. Disana terdapat nenek yang sepertinya sedang mengurus sejumlah anak kos yang ingin membayar iuran bulanan. Walaupun nenek sudah tua, tapi nenek masih rajin mengurus yang begituan.

Anak-anak itu segera pergi setelah selesai dengan urusannya. Tiba-tiba saja nenek yang melihat Ollie langsung melotot dan mendekatinya sambil berkata.. “Si Putri...” hampir setiap cucu perempuannya ia panggil seperti itu. Tapi itu hanya sebutan saja. Kalo manggilnya tetap pakai their real names.

Ollie mempercepat jalannya ke arah nenek. Dengan segera dia menubruk sambil melingkarkan kedua tangannya di tubuh nenek yang rasanya makin me-nipis. Maklumlah, kawula tua. Nggak kerasa umur nenek udah 75 tahun aja. Rasanya baru kemarin Ollie lari pagi bersama neneknya. Sekarang, boro-boro lari, jalan aja sering keseleo.

Ollie seneng banget bisa ketemu sama nenek tercintanya lagi.

Hubungan Ollie dan neneknya sangat teramat dekat. Bisa dibilang Ollie adalah cucu tersayang nenek. Sifat periang, manja dan cengeng Ollie yang mem-buat neneknya makin gemes.

Kadang kalo Ollie lagi kena marah sama mamah dan ayahnya, nenek selalu melindungi, walaupun ujung-ujungnya nenek juga ikut mengambil bagian untuk memarahi.

Semua sudah berkumpul di ruang TV dan mulai bersenda gurau ria. Termasuk nenek yang lagi asyik ngobrol dengan ayah. Ayah kadang-kadang suka ngerebut hari nya bersama nenek. Sehingga Ollie jadi merasa bosan dan ingin segera balik. Apa lagi Regha nggak ada disini, nggak ada orang lagi yang pantes untuk dia jaillin.

Makin lama Ollie makin bosen ngedengerin pembicaraan mereka yang nggak mungkin bisa dimengerti oleh nya. Ngomongin saudara yang baru nikah, menjalani pernikahan, perceraian, bahkan yang mati setelah bercerai.

Kadang mereka juga membahas soal pendidikan. Kalo lagi gini yang bikin Ollie tambah bete. Mereka membahas tentang pendidikan orang-orang yang dibilang sukses, akan sukses, dan sedang menuju kesuksesan. Apalagi orang tua Ollie yang terlalu membangga-banggakan Regha. Dia jauh lebih genius dari dirinya. Setiap pembagian raport Regha dan Ollie yang kebetulan hari nya tak terpaut jauh, Ollie selalu megurung diri di kamar, dan tak ingin berkomunikasi minimal 3 hari setelah raport mereka di serahkan. Seperti biasa, Regha selalu masuk 3 besar, dan kadang-kadang dapet juara. Sementara dirinya, paling tinggi hanya 13 besar, itu juga ketika dia berada di kelas yang riwayatnya kurang menyenangkan.

Ollie udah gak kuat lagi mendengar orang tuanya membangga-banggakan Regha. Apalagi sampai membandingkan mereka berdua. Ollie gak bisa nahan diri untuk marah bahkan mukulin adiknya. Maka sebab itu, dia hanya berusaha menenangkan diri dengan menangis sepuas-puasnya sambil mendengar radio kencang-kencang. Tradisi seperti itu sudah biasa terjadi setiap minimal 2 kali setahun.

Kembali ke keadaan di rumah nenek. Tangan Ollie yang juga udah ngerasa bosen, mulai iseng mencubit-cubit paha ayah di sebelah. Nggak ada respon yang berarti dari ayah selain mengusap pahanya. Ollie kembali mengulangi, sekedar memberi petunjuk bahwa anak gadisnya sedang nganggur. Semakin sering Ollie mencubit, Ollie malah kena omelan dari ayah.

Merasa tak ada kerjaan, akhirnya Ollie memutuskan untuk jalan-jalan ke-halaman sekitar rumah. Dia berjalan meninggalkan ruang TV.

“Ollie, katanya mau ke kampus, ayo.. udah jam setengah 2 lho!” baru saja bergerak 2 meter dari tempatnya duduk tadi, tiba-tiba seruan ayah yang terdengar menyebalkan otomatis menghentikan langkah selanjutnya. “Yuk say, nanti ayah yang naro barang-barang kamu ke kamar.”

Dia terlihat lesu, baru aja nyampe udah harus hang out lagi. Tapi ini wajib, this is her University program. Ollie memutarkan arah jalannya dan balik ke ruang TV untuk menyalami sekuruh isi rumah. Setelah itu dia kembali ke arah jalannya tadi sambil mengucapkan.. “Assalamualaikum.”
“Walalaikumsalam.”

***

No comments: